Senin, 13 Juni 2011

Pustaka Soeman HS Menjadi Alternatif Liburan

          PEKANBARU-Minimnya sarana maupun tempat wisata di Kota Pekanbaru ini menjadikan perpustakaan Soeman HS menjadi salah satu alternatif menikmati liburan terutama libur panjang. Selain bisa membaca buku, perpustakaan Soeman HS juga menjadi salah satu tempat berkarya wisata yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat kota Pekanbaru dan sekitarnya. Pasalnya di perpustakaan Soeman HS ini tersedia berbagai koleksi jenis buku, sehingga menjadi taman bacaan yang menarik.

    Selain itu, tempatnya yang nyaman, dan lengkap dengan cafe dan ada fasilitas wifi menjadi daya tarik bagi pengunjung, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Sehingga  tak salah, tempat ini menjadi tempat membaca, berdiskusi dan menambah informasi menarik lainnya.

    Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan di Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru pada musim liburan meningkat tajam pada hari biasanya. Tidak hanya kunjungan yang bersifat individual, kunjungan rombongan juga sering dilakukan oleh pihak-pihak sekolah ke pustaka yang termegah di wilayah sumatera ini.

    "Jika pada hari biasa, kunjungan hanya sekitar 100 orang, akan tetapi pada waktu libur di akhir pekan, terutama pada musim sekolah ini mencapai 300 orang. Biasanya setiap akhir pekan ada kunjungan dari sekolah-sekolah hingga mencapai 200 an orang yang bukan hanya dari pekanbaru, tetapi juga dari luar Pekanbaru, seperti Pelalawan, Bengkalis dan kota lainnya," ujar Kepala Unit Pelayanan Tekhnis (UPT) Perpustakaan Soeman HS, H R Erwan saat di konfirmasi Haluan Riau.

    Selain itu, jika mendapat kunjungan rombongan, pihaknya menyediakan pustakawan untuk membimbing pengunjung untuk mengetahui tentang perputakaan Soeman HS. "ini kita lakukan supaya pengunjung lebih terarah dan medapatkan informasi yang utuh selain mereka bisa membaca juga," tambahnya

    Untuk menghadapi musim liburan ini, kuantitas buku yang ada, masih cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, karena hingga kini ada sekitar 71.259 judul buku yang tersedia, dengan berbagai jenis buku, antara lain karya umum, filsafat, agama, kesenian, olahraga, hukum, dan lainnya.

    Selain itu, Pustaka Soeman HS juga tersedia ruang bilik melayu, yang berisikan buku-buku tentang melayu, karya-karya dari budayawan-budayawan melayu riau, seperti Tennas Effendy dan lainnya. "Ini menjadi salah satu ciri khas perputakaan Soeman HS, karena sesuai dengan Riau ini yang merupakan tanah melayu," katanya.

    Dalam pantauan Haluan Riau terlihat 10 orang yang mengeluarkan laptop dari tasnya, saat menitipkan tas di temapat penitipan tas.Clara salah seorang pengunjung pustaka Soeman HS mengatakan perpustakaan ini selain tempat membaca buku,juga meyediakan pelayanan internetan gratis.

     "Banyak pengunjung yang membawa laptop ke perpustakaan Soeman HS ini, selain mereka membaca buku mereka juga internetan di sini. Ada juga mereka yang berdiskusi seperti yang berada di lantai 3,"ujar cewek memakai baju ala korea ini.(cr1)

   
   
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar